JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 4, No 2: Oktober 2021

Pengembangan Teknologi Asistif Berbasis Mobile Application Pada Materi Metode Simpleks Untuk Membantu Mahasiswa Slow Learner

Sutarto Sutarto (Unknown)
Adam Bachtiar (Universitas Pendidikan Mandalika)
Raden Fanny Printi Ardi (Universitas Pendidikan Mandalika)
Jarir Jarir (Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Tantangan perkuliahan yang terjadi selama pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan bagi mahasiswa slow learner yang memiliki keterbatasan dalam mengelola waktu dan motivasi dalam belajar secara rutin di masa perkuliahan daring atau luring. Penelitian ini bertujuan mengembangkan teknologi asistif berbasis mobile application pada materi metode simpleks untuk membantu mahasiswa slow learner. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dengan tahapan sebagai berikut: Tahap Perencanaan, Tahap Perancangan, Tahap Pengkodean dan Tahap Pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adalah produk teknologi asistif valid, dan praktis,. Berdasarkan uji validitas, teknologi asistif sangat layak digunakan dalam sumber belajar dengan skor rata-rata 3,6 (valid). Respon angket siswa menunjukkan bahwa e-Module praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 80%. Keywords: Teknologi Asistif, Metode Simpleks, Slow Learner

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...