Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2021)

PENGARUH METODE PENUGASAN BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 JAYA BAKTI

Mirna Desrina Muzri (Universitas Halu Oleo)
Nana Sumarna (Universitas Halu Oleo)
Rimba Hamid (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pemberian tugas berbasis problem solving dan hasil yang diperoleh siswa, untuk mengetahui bagaimana gambaran kemampuan pemecahan masalah pada siswa, untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas berbasis problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif  yang dilakukan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Jaya Bakti dengan jumlah siswa 16 orang, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan 6 kali pertemuan dengan menerapkan metode penugasan berbasis problem solving. Hal pertama yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penugasan berbasis problem solving. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan tes akhir (posttest) untuk mengetahui pengaruh metode yang digunakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan dalam bentuk tes uraian, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode penugasan berbasis problem solving memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Jaya Bakti. Dengan hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai t-hitung sebesar  2,236 > t-tabel  sebesar 2,144, dengan tingkat signifikan 0,04 < 0,05.Kata Kunci: Metode Penugasan Berbasis Problem Solving; Kemampuan Pemecahan Masalah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipsd

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus : Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah ...