Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 3, No 2 (2021): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS III SDIT AT-TAQWA GARUDA KABUPATEN TANGERANG

Zahra Khoerunisa (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Septy Nurfadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sa’odah Sa’odah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 siswa kelas III SDIT At-Taqwa Garuda Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas III, siswa dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan adalah observasi pembelajaran daring yang dijalani siswa, wawancara dengan guru kelas III dan orang tua siswa serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua berperan sebagai; 1) guru di rumah dengan membimbing siswa dalam belajar, 2) fasilitator dengan memenuhi kebutuhan yang diperlukan untuk proses pembelajaran daring, 3) motivator dengan memberikan dorongan serta semangat belajar kepada siswa dan 4) pengaruh yang mengawasi dan mengingatkan siswa untuk terus disiplin dalam belajar dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Dengan begitu peran orang tua dalam pembelajaran daring ini sangat penting agar proses pembelajaran daring yang dilakukan berjalan dengan tertib dan kondusif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...