Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains
Vol 1 No 4 (2021): Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains

PENGEMBANGAN LKPD DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Nurullita (UIN Sumatera Utara)
Amiruddin Siahaan (UIN Sumatera Utara)
Indra Jaya (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lembar kerja peserta didik dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi limit fungsi kelas XI SMA Swasta Tamansiswa Sukadamai. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Swasta Tamansiswa Sukadamai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R&D). Tingkat kevalidan lembar kerja peserta didik yaitu dengan nilai rata-rata yang didapatkan dari ahli materi 4,16, ahli media 4,18, guru matematika 4,75 dan teman sejawat 4,41. Sehingga rata-rata penliaian dari kevalidan lembar kerja peserta didik memperoleh 4,38 yang kategori sangat baik. Kepraktisan lembar kerja peserta didik dilihat melalui angket respon peserta didik yang mendapat nilai rata-rata 4,12 dengan kategori baik. Kemudian keefektifan lembar kerja peserta didik dilihat melalui ketuntasan belajar peserta didik yang mengalami peningkatan sebanyak 60% dan masuk dalam kategori baik. Perangkat pembelajaran lembar kerja peserta didik ini memenuhi tingkat valid, praktis, dan efektif digunakan selama proses pembelajaran. Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik; Pendekatan Inkuiri Terbimbing; Kemampuan Berpikir Kritis Abstract This study aims to develop a learning device for student worksheets with a guided inquiry approach to optimize students' critical thinking skills in class XI material at SMA Swasta Tamansiswa Sukadamai. The subjects in this study were students of class XI Tamansiswa Sukadamai Private High School. This research uses research and development (R&D) research methods. With a 4D research model that is define, design, develop, and dessiminate. The level of validity of the student worksheets, namely with the average value obtained from material experts 4.16, media experts 4.18, mathematics teachers 4.75 and peers 4,41. So that the average assessment of the validity of the student worksheets is 4.38 which is a very good category. The practicality of the student worksheets was seen through the questionnaire responses of students who got an average score of 4.12 with good categories. Then the effectiveness of the student worksheets is seen through the students' learning mastery which has increased by 60% and is in the good category. This student worksheet learning device meets the valid, practical, and effective level used during the learning process. Keywords: Student Worksheets; Guided Inquiry Approach; Critical Thinking Ability

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

algebra

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Sains dikelola dan diterbitkan oleh Tim Riset YANA dibawah Yayasan Amanah Nur Aman. Algebra : jurnal pendidikan, sosial dan sains berdiri sejak tahun 2021 dan terbit 4 edisi setiap tahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan ...