Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 1 (2022)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SIKLUS AIR MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGATION, INTELLECTUALLY, TOURNAMENT

Radiansyah Radiansyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Raihanah Sari (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Fathul Jannah (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Masdiyar Masdiyar (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Kegiatan pembelajaran peserta didik di sekolah kurang aktif, mereka kesulitan memahami materi, sehingga hasilnya rendah. Pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki aktivitas pendidik, meningkatkan aktivitas serta hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya adalah menggunakan kombinasi Model GI, SAVI dan TGT. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Madang Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 4 pertemuan. Data diperoleh melalui lembar observasi serta tes evaluasi hasil belajar terhadap peserta didik. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas Pendidik memperoleh skor 40 dengan kriteria sangat baik, aktivitas peserta didik 90% sangat aktif, dan Hasil belajar peserta didik 100% tuntas. Kesimpulannya pembelajaran efektif. Aktivitas pendidik sangat baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar materi siklus air tuntas.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...