Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 1 (2022)

PEMBELAJARAN HOTS BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

Fathul Jannah (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Radiansyah Radiansyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Raihanah Sari (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Wahyu Kurniawan (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Siti Aisyah (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Sapnah Wardini (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)
Reja Fahlevi (Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana keterampilan guru dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik seleksi data, tabulasi data, menghitung alternative jawaban kemudian mendeskripsikan dan analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan di Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar khususnya Kecamatan Kertak Hanyar Gugus Kelas Tinggi belum sepenuhnya dilaksanakan, hal ini dikarenakan sebagian guru mengalami keterbatasan dalam mengembangkat perangakat pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan dan kadang mengalami kendala dalam mengimplementasikan pembelajaran HOTS berbasis pendekatan lingkungan. Untuk mengemas penilaian berbentuk HOTS juga terkendala, karena tidak semua siswa mampu mengkonstruksi, memahami, dan menerapkan keterampilan berpikir kritis mereka, sehingga alat evaluasi yang dirancang perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...