Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022

Analisis Kepuasan Mahasiswa FKIP Atas Kualitas Layanan Akademik Di Pusat Pelayanan Terpadu Universitas PGRI Palembang

Ermini Ermini (Unknown)
Dina Sri Nindiati (Unknown)
Muhammad Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah Kepuasan Mahasiswa FKIP atas Kualitas Layanan Akademik di Pusat Pelayanan Mahasiswa Universitas PGRI Palembang telah terpenuhi dan sesuai harapan mahasiswa, (2) untuk mengetahui instrument kualitas layanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) mana yang memberikan kepuasan kepada mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang tahun 2019-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menggambarkan hubungan antar variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang didistribusikan kepada 98 responden dari mahasiswa FKIP yang terpilih sebagai responden  pada tahun akademik 2019-2020, dimana ada 7 item pertanyaanuntuk variable kualitas layanan dan 8 item pertanyaan untuk variable kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kualitas layanan akademik (X) terhadap variabel kepuasan mahasiswa (Y). Ini dibuktikan dengan memperoleh dengan perolehan perhitungan lebih besar dari t tabel (5.207> 1,660) dan koefisien 0,000 dan nilainya positif. Kata kunci: Kepuasan Mahsiswa, Kulaitas Layanan Akdemik ABSTRACT This study aims to (1) find out whether FKIP Student Satisfaction on the Quality of Academic Services at the Student Service Center of PGRI Palembang University has been fulfilled and according to student expectations, (2) to determine service quality instruments (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy) which one gives satisfaction to FKIP students at PGRI Palembang University in 2019-2020. The method used in this study is a descriptive method to describe the relationship between variables through hypothesis testing. This study used a questionnaire as a data collection tool which was distributed to 98 respondents from FKIP students who were selected as respondents in the 2019-2020 academic year, where there were 7 question items for the service quality variable and 8 question items for the student satisfaction variable. Based on the results of the research conducted, there is a simultaneous significant effect between the academic service quality variable (X) on the student satisfaction variable (Y). This is evidenced by obtaining a calculation greater than t table (5.207 > 1.660) and a coefficient of 0.000 and the value is positive.  Keywords: Student Satisfaction, Academic Service Quality

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...