Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan
Vol 7 No 2 (2021): DESEMBER

Pola Pemasaran Ternak Kuda di Pasar Hewan Tolo Kabupaten Jeneponto

Handayani Indah Susanti (Unknown)
Ayu Lestari (Unknown)
Anas Qurniawan (Unknown)
Suci Ananda (Unknown)
Khaifah Asgaf (Unknown)
Muhammad Nur Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui rantai pemasaran ternak kuda di Pasar Hewan Tolo, Kabupaten Jeneponto. Penentuan data dilakukan dengan metoda survey lapang dipasar hewan dengan wawancara terhadap 10 peternak, 8 pedagang pengumpul, 2 pedagang besar, 10 pedagang pengecer dan 3 konsumen ternak kuda. Data primer dan data sekunder yang digunakan dianalisis secara diskriptif dan kuantitatif dengan analisis margin pemasaran dan share harga. Hasil Penelitian menunjukkan rantai pemasaran ternak kuda mempunyai 3 (tiga) mata rantai hingga pada konsumen akhir. Rantai pemasaran menentukan nilai share dengan keuntungan yang berbeda, diperoleh rantai pemasaran I pedagang besar nilai share sebesar 0,6%/ekor, rantai pemasaran II pedagang pengecer nilai share sebesar 0,8%/ekor dan rantai pemasaran III pedagang pengumpul nilai share sebesar 7,2%/ekor. Semakin pendek saluran pemasaran yang terjadi maka semakin besar nilai share yang diperoleh lembaga pemasaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan is a published journal by the Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology, Alauddin Islamic University (UIN) Makassar since December 2013. Publish twice a year in June and December, containing the results of research and review of fields of ...