AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 10, No 4 (2021)

PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Neni Neni (Universitas Jambi (UNJA))
Syaiful Syaiful (Universitas Jambi)
Maison Maison (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap kemampuan  pemecahan masalah matematis siswa, dan pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 325 siswa dan terbagi menjadi 11 kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah sebanyak 66 siswa yang terbagi menjadi dua kelas (kelas eksperimen I dan kelas kontrol). Sampel di tentukan dengan teknik Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket motivasi belajar dan tes pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini yaitu Model pembelajaran CPS lebih efektif mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dibandingkan model pembelajaran konvensional, serta Motivasi belajar tinggi dan sedang lebih efektif mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dibandingkan motivasi rendah.Kata kunci: Model pembelajaran CPS, Pemecahan masalah matematis, Motivasi belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...