Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 2 (2021)

PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF HUKUM NEWTON BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS DI SMA

Diana Anjar Wati (Universitas PGRI Palembang)
Lukman Hakim (Universitas PGRI Palembang)
Linda Lia (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pembelajaran secara daring pada masa pandemi COVID-19 mengharuskan peserta didik belajar dari rumah sehingga diperlukan penyajian bahan ajar berupa LKPD yang interaktif agar kegiatan ilmiah tetap berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD interaktif Hukum Newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA yang valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian pengembangan menggunakan model penelitian Rowntree. Model penelitian Rowntree memiliki tiga tahapan yaitu: perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Bina Jaya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif Hukum Newton berbasis mobile learning menggunakan live worksheets di SMA dinyatakan valid, praktis dan mempunyai dampak potensial terhadap hasil belajar pada ranah kognitif (n-gain 0,58 pada tingkat sedang) dan motivasi belajar (rata-rata 49,8 pada tingkat sedang), sehingga layak digunakan pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2021