PROSIDING SEMINAR KIMIA
Prosiding SNKT Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA UNMUL 2021

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS KONSTEKTUAL PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA/MA

Hiranda Wildayani (Unknown)
Asep Wahyu Nugraha (Unknown)
Nurfajriani Nurfajriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian bahan ajar kimia siswa kelas XI SMA/MA sederajat dan mendapatkan bahan ajar inovatif dan interaktif berbasis konstektual pada materi termokimia untuk siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan (R&D). Bahan ajar yang telah dikembangkan selanjutnya dinilai oleh beberapa validator ahli. Angket dipilih sebagai instrumen untuk menentukan kesesuaian bahan ajar siswa kelas XI SMA/MA dan pengumpulan data hasil validasi yang dilakukan validator. Dari hasil validasi menunjukkan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian bahan ajar pada materi termokimia yang digunakan dengan siswa kelas XI SMA/MA dan bahan ajar inovatif dan interaktif berbasis konstektual pada materi termokimia yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid tidak perlu direvisi.Kata kunci : Bahan Ajar, Inovatif dan Interaktif, Konstektual, Yermokimia, R&D

Copyrights © 2021