Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 11, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan MIPA

Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Sisri Novriani (Universitas PGRI Palembang)
Lukman Hakim (Universitas PGRI Palembang)
Lefudin Lefudin (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-LKPD pada materi momentum dan impuls untuk peserta didik Kelas X yang valid, praktis, dan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Hasil penelitian ini diperoleh e-LKPD yang dikembangkan: a) kevalidan dengan kriteria valid berdasarkan penilaian ahli dengan skor rata-rata 80% dari aspek materi; 82,5% dari aspek desain, dan 85,71% dari aspek bahasa. b) kepraktisan dengan kriteria praktis berdasarkan angket respon oleh peserta didik dan guru dengan skor rata-rata 83,33% pada tahap uji perorangan; 86,88% pada tahap kelompok kecil; dan 82,5% penilaian oleh guru. c) keefektifan dengan kriteria tinggi berdasarkan hasil N-gain sebesar 0,73.  

Copyrights © 2021