Jurnal Teknik ITS
Vol 10, No 2 (2021)

Pemetaan Risiko Gempa Bumi Berbasis Sistem Informasi Geografis dan Analytic Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus: Kota Banda Aceh)

Ayuli Serlia (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Agung Budi Cahyono (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Hepi Hapsari Handayani (Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan wilayah yang rawan mengalami kerusakan akibat gempa bumi. Peran Kota Banda Aceh selaku ibukota dan pusat kegiatan provinsi menjadikan kegiatan peninjauan risiko bencana gempa bumi penting dilakukan. Pemetaan risiko gempa bumi dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan Analytic Hierarchy Process (AHP) dapat menunjang peninjauan risiko bencana. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini mencakup SIG untuk proses pengolahan data geospasial parameter risiko gempa bumi dan AHP digunakan untuk penentuan bobot masing-masing parameter. Terdapat tiga aspek utama yang ditinjau untuk memperoleh indeks risiko gempa bumi, yaitu indeks bahaya, indeks kerentanan, dan indeks kapasitas. Hasil pengolahan parameter gempa bumi menggunakan SIG dan AHP menghasilkan Peta Bahaya Gempa Bumi, Peta Kerentanan Gempa Bumi, serta Peta Kapasitas Gempa Bumi. Dari ketiga peta ini, dilakukan proses overlay atau penampalan peta yang menghasilkan Peta Risiko Gempa Bumi. Informasi yang disajikan terdiri dari tiga kelas, yaitu risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi per wilayah kelurahan di Kota Banda Aceh. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Kota Banda Aceh memiliki 21 kelurahan berisiko tinggi (23,33%) dengan luas wilayah 2.133,755 hektar, 57 kelurahan berisiko sedang (63,33%) dengan luas wilayah 3.265,166 hektar, dan 12 kelurahan berisiko rendah (13,33%) dengan luas wilayah 598,798 hektar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...