Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 1 (2021): Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat

Model Pendampingan Pembelajaran Kelas Online Pada Sekolah Luar Biasa Di Kecamatan Medan Amplas

Nurmayani (Universitas Negeri Medan)
Naeklan Simbolon (Universitas Negeri Medan)
Winara (Universitas Negeri Medan)
Khairul Usman (Universitas Negeri Medan)
Khairunnisa (Universitas Negeri Medan)
Sorta Simanjuntak (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Tujuan dari kegiatan program kemitraan ini adalah untuk mengoptimalkan pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Masalah yang dihadapi mitra adalah sulitnya menerapkan proses belajar online pada siswa disabilitas di Sekolah Luar Biasa Medan Amplas. Pendamping pembelajaran daring diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap perkembangan anak baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual. Strategi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan upaya memberikan pendidikan, pelatihan, dan pendampingan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat mengembangkan diri dalam mengelola kegiatan pembelajaran dalam jaringan (daring) sebagai upaya pencapaian pembelajaran pada masa pendemi Covid-19 dan upaya menuju tercapainya kompetensi pembelajaran pada siswa. Proses ini memilki tiga tahap yang berbeda: 1) merumuskan konsep materi pendampingan; 2) pemberian materi kepada guru berdasarkan materi yang ditetapkan; 3) Penilaian untuk mengetahui peningkatan yang dicapai melakukan kegiatan pendampingan. Tujuan program Kemitraan Masyarakat adalah “Terlaksananya Pendampingan Belajar online secara Efektif pada Proses Pembelajaran SLB Masa Pandemi Covid-19”. Hasil yang diperoleh berdasarkan Pendampingan Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Sekolah Luar Biasa Di Kecamatan Medan Amplas yakni telah terlaksananya pendampingan belajar online secara efektif pada proses pembelajaran SLB masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pretest yang diperoleh guru 45,14 dan nilai posttest yang diperoleh guru 82,10.

Copyrights © 2021