Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences
Vol 14 No 1 (2022): January Edition

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Simulator HPLC untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa

Indah Karina Yulina (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Anna Permanasari (Universitas Pendidikan Indonesia,)
Hernani Hernani (Universitas Pendidikan Indonesia,)
Wawan Setiawan (Universitas Pendidikan Indonesia,)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif dengan memanfaatkan simulator HPLC untuk melatih keterampilan berpikir analitis mahasiswa yang akan mendukung aktivitas praktikum dry lab menjadi lebih bermakna. Metode penelitian adalah penelitian pengembangan dengan desain model 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup instrumen tes dan non tes berupa angket kepuasan mahasiswa dan observasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan MMI berbantuan simulator HPLC secara akademis membantu mahasiswa dalam meningkatkan motivasi dan minat mahasiswa mempelajari materi HPLC. Sejalan dengan itu, belajar dengan simulator HPLC dapat mengembangkan keterampilan berpikir analitik pada aspek matching dan classifying, analysis error, generalizing, dan specifying.

Copyrights © 2022