Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rata-rata hasil belajar matematika melalui pendekatan Problem Solving dan Problem Posing. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar pada tahun ajaran 2018/2019 dan Sampel dari penelitian ini terdiri dari 2 kelas, dimana kedua kelas akan mendapat perlakuan yang berbeda yaitu kelas pertama menggunakan pendekatan Problem Solving dan kelas kedua menggunakan pendekatan Problem Posing, dengan jumlah siswa 25 orang untuk pendekatan Problem Solving dan juga 25 siswa untuk pendekatan Problem Posing. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika melalui pendekatan Problem Solving dan pendekatan Problem Posing. Dimana pada pendekatan Problem Solving nilai rata-rata hasil belajarnya yaitu 82,96 dengan standar deviasi 4,78, dan rata-rata hasil belajar pada pendekatan Problem Posing yaitu 87,88 dengan standar deviasi 7,36
Copyrights © 2019