Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 22, No 1 (2022)

Strategi Pemasaran Melalui Rebranding di SD Muhammadiyah 24 Surabaya

Achmad Zainuri Arif (Universitas Negeri Surabaya)
Soedjarwo Soedjarwo (Universitas Negeri Surabaya)
Erny Roesminingsih (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi rebranding yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif melalui studi kasus di SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya. Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data. Proses keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber data. Teknik analisis data melalui tiga tahap: data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi rebranding yang telah dilakukan oleh SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya adalah sebagai berikut. Pertama, melakukan perubahan kepemimpinan melalui pergantian kepala sekolah dan restrukturisasi organisasi dengan membentuk wakil kepala sekolah dan Kepala Urusan (Kaur). Kedua, melakukan perubahan logo dan nama yang lebih sederhana dari sekolah berbasis karakter menjadi sekolah karakter. Ketiga, memperkuat brand sekolah karakter melalui perubahan nilai-nilai organisasi melalui 5 pilar DE BEST dan 6 Bintang karakter. Keempat, memperluas segmentasi market dari kelas menengah bawah menuju menengah atas.Kata Kunci: SD Muhammadiyah 24 Surabaya, Strategi Pemasaran, Rebranding.ABSTRACTThe purpose of this study was to describe the rebranding strategy carried out by SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya. The research method used is qualitative research through case studies at SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya. Data collection techniques using in-depth interviews, observation and documentation to obtain data. The process of data validity through triangulation techniques of data sources. The data analysis technique went through three stages: data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results of the study indicate that the rebranding strategy that has been carried out by SD Muhammadiyah 24 Ketintang Surabaya is as follows. First, make changes in leadership through the change of principals and organizational restructuring by forming deputy principals and Heads of Affairs (Kaur). Second, make changes to a simpler logo and name from a character-based school to a character school. Third, strengthening the character school brand through changes in organizational values through the 5 pillars of DE BEST and 6 character stars. Fourth, expand market segmentation from the lower middle class to the upper middle class.Keywords: SD Muhammadiyah 24 Surabaya, Marketing Strategy, Rebranding.

Copyrights © 2022