PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 4 No. 2 (2019)

Pengaruh Analogi Temu Manten pada Pembuahan Ganda terhadap Pemahaman Siswa SMP

Siti Mutmainah (Universitas PGRI Semarang)
Elfa Mahendra Prameswari (Universitas PGRI Semarang)
Maulina Ainur Rohma (Universitas PGRI Semarang)
Eko Retno Mulyaningrum (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2019

Abstract

Pembuahan ganda merupakan materi yang abstrak dipahami oleh siswa sehingga mereka merasa sulit untuk memahaminya. Di Jawa Tengah terdapat tradisi temu manten yang dari segi konsep memiliki kemiripan dengan pembuahan ganda. Oleh karena antara dua konsep ini bisa diterapkan dalam satu pembelajaran yaitu pembelajaran analogi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran analogi temu manten pada pembuahan ganda terhadap pemahaman siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 9 Todanan di Kabupaten Blora. Desain yang digunakan dalam penelitian berupa non- equivallen control group desain. Metode yang digunakan untuk pengambilan data berupa metode test. Penelitian ini diterapkan pada dua kelas yaitu kelas 9A sebagai kelas kontrol sedangkan kelas 9B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pemahaman kelas eksperimen dengan pembelajaran analogi temu manten pada pembuahan ganda lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini terjadi karena pembelajaran analogi menjadi jembatan bagi siswa untuk memahami materi target berupa pembuahan ganda dengan menggunakan analogi temu manten. Kesimpulan penelitian ini yaitu pembelajaran analogi temu manten pada pembuahan ganda berpengaruh terhadap pemahaman siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...