Latar Belakang. Anatomi telah menjadi dasar dari ilmu kedokteran selama ratusan tahun. Seiring dengan perkembangan zaman, pembelajaran anatomi telah mengalami perkembangan dalam konten dan metodologi. Saat ini, pengajaran anatomi menggunakan tiga metode utama yaitu buku, preparat basah (kadaver), dan preparat kering. Namun, perdebatan mengenai cara atau metode mengajar anatomi yang paling efektif terus berlanjut dan belum ada solusi untuk memecahkan perdebatan yang ada.Metode. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 55 mahasiswa kedokteran tahun kedua Universitas Tadulako. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Test.Hasil. Hasil uji Wilcoxon Signed Test menujukkan nilai p = 0,545. Artinya, tidak terdapat perbedaan tingkat pemahaman dalam pembelajaran anatomi yang menggunakan preparat basah dan preparat kering pada mahasiswa tahun kedua program studi kedokteran Universitas Tadulako.Kesimpulan. Tidak terdapat perbedaan yang bermakna pada tingkat pemahaman dalam pembelajaran anatomi yang menggunakan preparat basah (kadaver) dengan preparat kering.
Copyrights © 2018