Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 1, No 6 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI ANTAR TGT DAN MAKE A MATCH

Hermia Kurnia Putri (Unknown)
Pargito Pargito (Unknown)
Sudarmi Sudarmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2013

Abstract

 This research aimed to determine: (1) The average difference geography pretest, (2) A significant difference on average of geography posttest, (3) The difference of an increase in the gain of learning geography outcomes, and (4) Effectiveness of Collaboration Learning models between TGT and make a match. The method used in this research is a quasi-experiment. Purposive sampling using random sampling, selected XI IPS 3 as an experimental class and class XI IPS 2 as controls. Data collection techniques used were in the form of test results to geography pretest and posttest on the material of distribution of flora and fauna. To process the research data used SPSS 20. The results of this research: (1) There is no difference in the average geography pretest, (2) There is a difference in the average geography posttest, (3) The improvement of gain geography learning outcomes, and (4) Effectiveness of Learning model of collaboration between IGT and make a match.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata pretest geografi, (2) Perbedaan yang signifikan rata-rata postest geografi, (3) Perbedaan peningkatan gain hasil belajar geografi, dan (4) Keefektifan model Pembelajaran Kolaborasi antara TGT dan make a match. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling, dipilih kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar geografi berupa pretest dan posttest pada materi persebaran flora dan fauna. Untuk mengolah data penelitian digunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini: (1) Tidak ada perbedaan rata-rata pretest geografi, (2) Ada perbedaan rata-rata postest geografi, (3) Peningkatan gain hasil belajar  geografi, dan (4) Keefektifan model Pembelajaran Kolaborasi antara TGT dan make a match.Kata kunci : efektivitas pembelajaran geografi, pembelajaran kolaborasi (collaborative learning), make a match, team games tournament

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...