Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

Pengaruh Model Learning Together Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS

Tri Wulandari (Unknown)
Yarmaidi Yarmaidi (Unknown)
Zulkarnain Zulkarnain (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2017

Abstract

This research was conducted to determine the effect of the use of the cooperative learning model in Learning Together (LT) type to the student geography learning outcomes class XI IPS at SMAN 15 Bandar Lampung in 2017. Research subject was students grade XI IPS SMAN 15 Bandar Lampung which amount 68 students were selected randomly. This study was a quasi experimental research. The data collection was done by using the documentation, observation, and testing techniques. Data analysis was done by testing the difference (t-test). The results showed that there was the influence of the use of cooperative learning model in Learning Together (LT) type to the students geography learning outcomes for class XI IPS at SMAN 15 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 15 Bandar Lampung Tahun 2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN15 Bandar Lampung berjumlah 68 siswa yang dipilih secara random. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, teknik observasi, dan teknik tes. Analisis data dilakukan dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together (LT) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMAN 15 Bandar Lampung.Kata kunci : hasil belajar, learning together, pembelajaran kooperatif

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...