Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1, No 2 (2021): RUANG PENGABDIAN

PELATIHAN MENDESAIN PERTANYAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MATRIKS PERTANYAAN BAGI GURU IPA BIOLOGI SE-LAMPUNG TIMUR

Pramudiyanti Pramudiyanti (Universitas Lampung)
Dina Maulina (Universitas Lampung)
Nadya Meriza (Universitas Lampung)
Rini Rita T. Marpaung (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Pertanyaan merupakan hasil kegiatan berpikir yang perlu dibudayakan pada proses pembelajaran, karena pertanyaan dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa.Selain itu pertanyaan dapat membantu guru menemukan konsep-konsep penting yang perlu dipelajari oleh siswa. Kegiatan membuat pertanyaan membutuhkan keterampilan karena tidak semua siswa mampu membuat pertanyaan dengan mudah. Kegiatan membuat pertanyaan dapat diajarkan oleh guru kepada siswa menggunakan matriks pertanyaan. Tujuan kegiatan adalah memberikan pengalaman kepada guru IPA Biologi dalam membuat pertanyaan menggunakan matriks pertanyaan, sehingga guru dapat membelajarkan membuat pertanyaan menggunakan matriks pertanyaan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan membuat pertanyaan pembelajaran bagi guru IPA Biologi se-Lampung Timur. Kelompok mitra yaitu MGMP IPA Biologi se_Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pretes dan postes. Data diolah menggunakan program excel. Hasil pengabdian sebagai berikut: nilai pretes 42,78, postes 55,42 dengan nilai N-Gain 22 berkategori tidak efektif. DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v1i2.hal.47-52

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (RP) diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matemarika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi ...