Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ranah kognitif dan afektif mahasiswa pada mata kuliah Persamaan Diferensial melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada semester V program studi pendidikan matematikaÃÂ FKIP Unram tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada siklus ketiga, pembelajaran kooperatif tipe NHT telah berjalan secara optimal dengan ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 88,89%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran di perguruan tinggi khususnya pada mata kuliah Persamaan Diferensial.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Persamaan DiferensialÃÂ Abstract: This research aims at ÃÂ increasing students cognitive and affective understanding in differential equation subject by applying NHT cooperative learningÃÂ model at semester V of mathematical education study program, Mataram University, academic year 2011/2012. This research is a classroom action research which is carried out in 3 cycles. In the last cycle, it is shown that NHTÃÂ cooperative learning has run optimally with the learning exhaustiveness achieved 88,89%. This result indicates that NHT cooperative learning can be made as one of instruction models in university, especially in differential equation subject.Key Words : NHT cooperative learning, differential equation
Copyrights © 2013