Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya perubahan pembelajaran IPS yang awalnya pembelajaran per mata pelajaran menjadi pembelajaran tematik yang saat mempengaruhi penggunaan buku ajar dan ruang lingkup IPS dan adanya materi pembelajaran yang tumpang tindih dalam pembelajaran tematik di kurikulum 2013.Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelompokan ruang lingkup IPS pada buku tematik tema 1-3 kelas IV Pada buku Kemendikbud. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk adalah untuk mengetahui dan menganalisis lebih lanjut tentang materi pembelajaran IPS tema 1-3 kelas IV di sekolah dasar pada buku penerbit kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku tematik tema 1-3 kelas IV terbitan Kemendikbud. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil analisis ruang lingkup IPS pada buku tematik tema 1-3 kemendikbud kelas IV terbitan kemendikbud menunjukan bahwa materi IPS ada di semua tema dan subtema namun hanya ada di pembelajaran 1 dan 5 saja dan ruang lingkupnya Antropologi dan Geografi.Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Buku Tematik, dan, Siswa SDĀ
Copyrights © 2022