Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 5 No 2 (2021): Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Dampak Pelatihan Tata Rias Terhadap Keberdayaan Waria Di Kabupaten Jember

Siti Rodiyah (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Niswatul Imsiyah (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)
Fuad Hasan (Pendidikan Luar Sekolah FKIP Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Pelatihan merupakan bagian dari pendidikan nonformal yang tujuannya untuk menambah pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan efektif. Peserta pelatihan merupakan penyandang masalah kesejahteraan social (PMKS) yakni kelompok minoritas/ waria. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak pelatihan tata rias terhadap keberdayaan waria di Kabupaten Jember. Penentuan tempat pada penelitian ini menggunakan purposive area, yakni di Dinas Sosial Kabupaten Jember. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dampak pelatihan tata rias memberikan dampak positif terhadap peserta pelatihan, dampak berupa peningkatan kualitas sumber daya manusia, wirausaha dan kemandirian ekonomi. Dampak pelatihan tata rias terhadap keberdayaan waria di dukung dengan kesejahteraan dan partisipasi dalam mengembangkan masyarakat. Sehingga dengan adanya dampak pelatihan, dapat menjadikan peserta pelatihan yang mandiri dan berdaya dengan membuka usaha dan mengembangkan usaha di sektor kecantikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLC

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal accepts article submissions from worldwide scholars, authors, and novice researchers in (but not limited to) the following area of studies: 1. Adult and Continuing Education 2.Training dan Human Resource Development 3. Community Empowerment 4. Parenting Education 5. Innovation in ...