Coution : Journal of Counseling and Education
Vol 3 No 1 (2022): Coution : Journal of Counseling and Education

Efektifitas Kurikulum Bimbingan Konseling Berbasis Personal & Social Development Terhadap Aspek Spiritual, Moral dan Sosial Konseli

Rinna Yuanita Kasenda (Universitas Negeri Manado)
Mint Husen Raya (Universitas Negeri Manado)
Suehartono Syam (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Saat ini PSD menjadi kebutuhan penting bagi konseli untuk menata kehidupannya menuju masa yang akan datang. Akan tetapi pada kenyataanya, PSD masih belum menjadi prioritas utama dalam dunia pendidikan. Bagaimana praktisi BK memfasilitasi dan mengkaji kebermanfaatan PSD akan menentukan tempat dan peran PSD di dalam kurikulum pendidikan. PSD sebagai satu rangkaian dalam kurikulum merupakan hal penting bagi pendidikan itu sendiri, terutama bagi perkembangan pribadi sosial peserta didik/konseli. Dengan mengetahui letak PSD dalam pendidikan, maka kita dapat menata bagaimana PSD dapat diletakkan bersama-sama dalam kurikulum bimbingan dan konseling, serta dapat dijadikan sebuah panduan dalam pengembangan pembelajaran berbasis PSD dalam konteks yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana membawa PSD masuk dalam kurikulum pendidikan dengan pengembangan sebuah model kurikulum berbasis personal & social education. Melalui pendekatan eksperimen yang di uji cobakan pada tingkat satuan pendidikan SMP di Kota Tomohon, penelitian ini mempertegas pengaruh PSD pada konsep kurikulum bimbingan konseling, khususnya dalam meningkatkan karakteristik peserta didik/konseli pada aspek spiritual, moral dan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

coution

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal Coution dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAI Bunga Bangsa Cirebon bertujuan untuk publikasi karya ilmiah, studi literatur, studi kasus, dan laporan hasil penelitian yang dilakukan oleh praktisi pendidikan (Dosen, Guru BK/ ...