Sekolah negeri di Indonesia masih tersiksa dengan berbagai persoalan. Salah satunya adalah kemerosotan moral di kalangan pelajar. Prestasi dalam pelatihan, khususnya pembelajaran yang diberikan oleh pendidik kepada siswa, tidak hanya terkait dengan teknik dan strategi yang tepat, tetapi juga terkait dengan partisipasi sekolah dan keluarga dalam pembelajaran karakter dengan mengarahkan mental siswa itu sendiri. Partisipasi keluarga dengan satuan pengajaran sangat penting, satuan sekolah berkewajiban untuk mendukung kerjasama dan inklusi keluarga dalam mendorong sekolah anak-anak mereka. Dalam usaha bersama ini, tentunya pembinaan mentalitas seseorang sejak dini oleh keluarga dan sekolah dengan alasan bahwa cara pandang atau pendekatan sikap siswa yang benar sejak awal akan mempengaruhi keseluruhan keberadaan siswa di kemudian hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Penelitian dilakukan di MIN 27 HSU desa Jingah Bujur, Kec. Haur Gading. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang berbeda menunjukkan bahwa adanya partisipasi di antara keluarga dan sekolah dan penanaman mindset sejak dini mempengaruhi peningkatan kemajuan dalam pendidikan karakter dan prestasi anak-anak mereka.
Copyrights © 2022