Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
Vol 9, No 1 (2022)

Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyanyikan Pupuh Maskumambang

Juni Astini, Gst. Made (Unknown)
Purnami, Ida Ayu Putu (Unknown)
Ludy Paryatna, Ida Bagus Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan belajar menyanyikan pupuh pada pembelajaran online yang diterapkan sekolah karena pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) tata cara menggunakan aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan pupuh maskumambang siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 1 Sukasada. (2) Aplikasi WhatsApp digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan pupuh maskumambang siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 1 Sukasada. (3) Pendapat siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 1 Sukasada tentang pembelajaran menyanyikan pupuh maskumambang menggunakan aplikasi WhatsApp. Penelitian ini menggunakan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan kuesioner. Hasil penelitian meliputi : (1) tata cara menggunakan aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan pupuh maskumambang siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 1 Sukasada sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat. (2) Aplikasi WhatsApp digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyanyikan pupuh maskumambang siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 1 Sukasada dengan hasil peningkatan nilai pada siklus I dengan siklus II yaitu 13,85%. (3). Pendapat siswa kelas X IBB 1 SMA Negeri 1 Sukasada tentang pembelajaran menyanyikan pupuh maskumambang menggunakan aplikasi WhatsApp tergolong pada kategori positif. Hal ini menunjukan pengaruh yang baik ketika pembelajaran menyanyikan pupuh maskumambang memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Kata kunci: Aplikasi, WhatsApp, pupuh

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJPBB

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language ...