Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di Desa Kepohkencono. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan perannya orang tua di Desa Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati berperan sebagai korektor, informator, motivator, organisator, dan fasilitator. Focus peranan dalam penelitian ini dalam hal pembentukan jam belajar anak, pendampingan belajar, dan pemberian reword sebagai bentuk apresiasi pada anak. Penerapan peran tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar anak. Menjadi lebih disiplin dalam belajar dan waktu bermain dan belajar dapat teratur dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua sangat berperan terhadap prestasi belajar anak. Maka dari itu orang tua hendaknya menerapkan ketiga peran tersebut agar anak giat dan termotivasi dalam belajarnya, sehingga prestasi yang diperoleh anak bisa lebih maksimal.
Copyrights © 2022