Jurnal Basicedu
Vol 6, No 2 (2022): April Pages 1500- 3199

Kegiatan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV(Studi Terhadap Siswa Prestasi Tinggi, Sedang dan Rendah)

Tita Purnama Sari (Universitas Negeri Padang)
Daharnis Daharnis (Universitas Negeri Padang)
Yerizon Yerizon (Universitas Negeri Padang)
Yanti Fitria (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan belajar siswa prestasi tinggi, sedang dan rendah dalam pembelajaran matematika di kelas IV, serta faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan 6 orang informan. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data ini diolah dengan cara mereduksi data, penyajian data, terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di kelas IV MIS tahfidz Rabbani Kota Solok menggambarkan bahwa siswa prestasi tinggi selalu mempersiapkan diri dan perlengkapan belajar sebelum pembelajaran di mulai, menyimak penjelasan guru, mencatat, berani mengemukakan pendapat, serta melakukan latihan dengan membahas soal-soal yang ada. Sementara siswa prestasi sedang, kurang mempersiapkan diri sebelum mengikuti pembelajaran, kurang fokus dalam menyimak penjelasan guru, jarang mengemukakan pendapat, serta kurang melakukan latihan setelah pembelajaran. Siswa prestasi rendah sangat kurang dalam mempersiapkan diri dan sering lupa membawa perlengkapan belajar, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, tidak mau bertanya, serta tidak melakukan latihan setelah pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...