Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 1, No 01 (2020): JP-IPA: Mei 2020

Penerapan Permainan Puzzle Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 2 Bolo

M. Mulyadin (SMPN 2 Bolo Bima, NTB)
F Firmansah (STKIP Harapan Bima, NTB)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test group design. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII SMPN 2  Bolo Kabupaten Bima. Indikator keberhasilan adanya perbedaan prestasi belajar sebelum dan selah digunakan permainan  puzzle. Permaina puzzle dapat dikatakan efektif jika dapat menjawab hipotesis penelitian t t Berdasarkan hasil analisis uji-t yang dilakukan, diperoleh t= 2,341 sedangkan  t  pada taraf kepercayaan 95% (db = 40) adalah 1,632, karena t t maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa permainan puzzle sebagai media pembelajaran berpengaruh dalam peningkatan prestasi sains siswa kelas VII SMPN 2  Bolo Kabupaten Bima.  Sedangkan untuk respon siswa sebanyak 23% berpendapat sangat baik, 64,4% berpendapat baik, dan 12,6% berpendapat cukup.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...