Jurnal Abdidas
Vol. 3 No. 2 (2022): April, Pages 228 - 354

Pelatihan Prinsip-prinsip Behavioristik sebagai Penunjang Resiliensi Psikologis di SDN 1 Bendo Kabupaten Tulungagung

Yudha Popiyanto (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Savitri Suryandari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Suprihatien Suprihatien (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Anna Roosyanti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)
Friendha Yuanta (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari 2 tahun ini mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Hal tersebut memunculkan berbagai dampak, terutama secara psikologis. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan informasi, refleksi, dan pelatihan terkait: 1) Reinforcement and punishment (penguatan dan hukuman); 2) Primary and secondary reinforcement (penguatan utama dan penguatan tambahan); 3) Schedules of reinforcement (jadwal penguatan berkala); 4) Contingency management; 5) Stimulus control in operant learning (pengawasan pemberian rangsangan belajar); 6) The elimination of responses (pengurangan respon) sebagai penunjang resiliensi (ketahanan) psikologis, sehingga siswa, guru, maupun orang tua dapat menyesuaikan diri dan bertahan terhadap tekanan yang muncul selama proses pembelajaran daring di SDN 1 Bendo Kabupaten Tulungagung. Metode pelaksanaan kegiatan ini dalam bentuk penyampaian materi, pelatihan, dan diskusiĀ  yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan ini bahwa guru-guru SDN 1 Bendo Kabupaten Tulungagung sangat antusias, karena mereka mendapatkan banyak masukan untuk memaksimalkan peran guru dalam memberikan motivasi kepada siswa dan orang tua, sehingga dapat meningkatkan resiliensi psikologis siswa, orang tua dan guru dalam pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Apabila resiliensi psikologis siswa, guru, maupun orang tua tinggi, dapat menurunkan tingkat stress akademik yang dialami selama pembelajaran dimasa pandemi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...