Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 7 No 1 (2022): Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi

Faktor-Faktor Determinan Green Skills Mahasiswa Teknologi Informasi

Muhammad Noor Fitriyanto (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Ade Salahudin Permadi (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)
Chandra Anugrah Putra (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Dunia Industri melakukan berbagai upaya untuk mendorong perilaku menjaga lingkungan, namun keherhasilan upaya tersebut tergantung pada kemauan karyawan untuk menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor psikologis, pembelajaran, lingkungan masyarakat, dan akademis terhadap green skills mahasiswa teknologi informasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Struktur Equation Modeling (SEM). Populasi penelitian adalah mahasiswa teknologi informasi di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Sampel penelitian berjumlah 112 mahasiswa dipilih secara proportionate stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan lembar dokumentasi. Validitas isi dilakukan melalui pertimbangan ahli. Validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) nilai besaran masing-masing faktor psikologis terhadap green skills secara langsung adalah sebesar 0,909, faktor pembelajaran terhadap green skills secara langsung adalah sebesar -0,132, faktor lingkungan masyarakat terhadap green skills secara langsung adalah sebesar 0,347, faktor akademis terhadap green skills secara langsung adalah sebesar -0,134. (2) terdapat pengaruh secara tidak langsung psikologis terhadap green skills melalui pembelajaran dengan nilai sebesar 0,026, pengaruh secara tidak langsung psikologis terhadap green skills melalui akademik dengan nilai sebesar 0,347, pengaruh secara tidak langsung pembalajaran terhadap green skills melalui akademik dengan nilai sebesar 0,070, pengaruh secara tidak langsung lingkungan masyarakat terhadap green skills melalui pembelajaran dengan nilai sebesar 0,0924, pengaruh secara tidak langsung lingkungan masyarakat terhadap green skills melalui akademik dengan nilai sebesar -0,083. (3) model pengukuran konstruk green skills dari empat faktor adalah model yang fit menggambarkan Green Skills (GS) mahasiswa dengan 10 komponen indikator GS dalam konstruk independent satu sama lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bitnet

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

The publication of Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains seven ...