WARTA
WARTA LPM, Vol. 25, No. 2, April 2022 (in Progress)

Pendampingan Orang Tua dalam Penggunaan Literasi Media Belajar Anak Sekolah Dasar di Sungai Kapas

Wiyoko, Tri (Unknown)
Putra, Yogi Irdes (Unknown)
Aprizan, Aprizan (Unknown)
Ridoh, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

Orang tua memiliki peran penting dalam pendampingan belajar aanaknya dimasa pandemi Covid-19, terutama dalam memilih media literasi sebagai sumber belajar anaknya. Tujuan pelaksanaan pengabdian ini yaitu untuk memberikan pendampingan kepada orang tua dalam penggunaan literasi media belajar anak sekolah dasar. Kegiatan pendampingan dilaksanakan di desa Sungai Kapas. Metode yang diterapkan yaitu service learning yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Peserta yang ikut kegiatan ini sebanyak 15 orang. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa orang tua yang menyadari pentingnya mendampingi anaknya dalam memilih sumber literasi sebesar 100%. Kemudian orang tua yang siap mendampingi anakanya dalam menyelesaikan tugas belajarnya sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa pendampingan orang tua dalam penggunaan literasi media belajar anak Sekolah Dasar di Sungai Kapas memberikan efek yang baik. Orang tua bertambah pengetahuan, kesadaraan dan komitmennya untuk mendampingi anaknya ketika belajar. Jadi peran orang tua sangat dibutuhkan dalam mengontrol perkembangan belajar anak di massa pandemi covid-19 yaitu dengan memilihkan media literasi belajar yang sesuai dengan usianya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

warta

Publisher

Subject

Education

Description

Warta LPM merupakan media komunikasi dan informasi ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ilmu-ilmu sosial, sains dan ...