Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pembelajaran Tahfidh Juz ‘Amma Anak Usia Dini

Ismail Ismail (Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat, Pamekasan)
Moh. Wardi (Pendidikan Agama Islam, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien, Sumenep)
Supandi Supandi (Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Madura, Pamekasan)
Ali Ridho (Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Al-Khairat, Pamekasan)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara detail dalam rangka memecahkan masalah tentang bagaimana pembelajaran (kurikulum, tujuan, metode, evaluasi, faktor keberhasilan) tahfidh juz ‘amma anak usia dini di TK Islam Nurul Muttaqin? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan metode wawancara kepada guru, observasi, dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan kurikulum pembelajaran tahfidh meliputi tujuan pembelajaran, pembagian ayat dan surat, pembagian waktu hafalan. Metode pembelajaran tahfidh yang diterapkan antara lain: al-tasmi’, al-talqin, al-takrar, dan muraja’ah. Evaluasi pembelajaran tahfidh dilaksanakan dengan menggunakan: kartu prestasi, ilmu tajwid, dan bithaqat al-surah wa al-ayah. keberhasilan pembelajaran tahfidh dipengaruhi oleh faktor minat, intelegensia, kesiapan belajar, pendidik, metode dan media pembelajaran, dan motivasi orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...