Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat)
Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat)

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Potensi Lokal Desa Untuk Mendukung Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)

Muhammad Rifai Katili (Universitas Negeri Gorontalo)
Sri Nila Lahay (Universitas Negeri Gorontalo)
Lanto Ningrayati Amali (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan partisipasi masyarakat melalui kegiatan mahasiswa pada KKN Tematik Desa Membangun. Sasaran kegiatan adalah masyarakat dapat memahami potensi lokal di lingkungan desa dan dapat berpartisipasi aktif dalam pemanfaatannya. Untuk mencapai tujuan kegiatan tersebut, dilakukan kegiatan pendampingan dan pelatihan kepada masyarakat. Target khusus yang ingin dicapai adalah: (1) meningkat kesadaran masyarakat akan potensi lokal desa melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan pengelolaan sumber daya lingkungan yang berkelanjutan, dan (2) mendorong tumbuhnya kreativitas, motivasi, dan inovasi masyarakat desa dalam pembangunan desa berbasis SDGs. Kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu: pengkajian potensi desa, update data penduduk, pendampingan vaksinasi Covid-19, pembuatan batas dusun, pagar mini, dan tempat sampah, serta perbaikan pagar lapangan, pembuatan hidroponik, dan pelatihan administrasi pemasaran produk lokal pada UMKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sibermas

Publisher

Subject

Education Engineering Medicine & Pharmacology Public Health Social Sciences

Description

Community Service Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat) is a journal managed by the Institute for Research and Community Service of the Universitas Negeri Gorontalo with ISSN 2302-4798 (Print) and ISSN 2746-8917 (Online). This journal contains articles of community service with the scope ...