Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03

M Firjoun Asiasi (Mahasiswa)
M Sulthon Masyhud (Unknown)
Ridho Alfarisi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2022

Abstract

Soal cerita memiliki karakteristik tidak hanya level 1 taksonomi bloom kognitif (C1) tetapi biasanya minimal terdapat lebih dari level C1, Sehingga soal cerita harus dikembangkan dan dibiasakan untuk diberikan kepada siswa, tetapi muncul suatu permasalahan dimana guru kebingungan dalam menentukan soal cerita yang cocok digunakan untuk siswa. Sehingga untuk inovasi tersebut, salah satu dengan mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Teori newman menjadi alat untuk mengetahui tahapan kesalahan yang dialami siswa, yaitu meliputi reading error, comprehension error, transformation error, process skill error, dan enconding error. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang muncul dan tingkat persentase dalam menyelesaikan soal cerita. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskirptif. Subjek penelitian ini berjumlah 90 siswa kelas V SDN Jember Lor 03. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis kesalahan terbagi akan 2 jenis yaitu analisis kesalahan rill dan analisis kesalahan relatif dimana keduanya sama-sama memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya diperkuat dengan data hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah adalah reading error sebanyak 0%, comprehension error sebanyak 7%, transfromasion error sebanyak 24%, process skillsebanyak 33%, encoding error sebanyak 35%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPSD

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Fokus dan scope Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar (JIPSD) meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi ...