ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 6, No 1 (2018): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Media Patung 4 Dimensi Dalam Pembelajaran Mewarnai Untuk Meningkatkan Ketahanan Belajar Dan Kecerdasan Anak Usia Dini

Muh Shofiyuddin (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Ana Rahmawati (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2019

Abstract

Mengajar anak usia dini, seperti pembelajaran di Roudlotul Athfal harus dilakukan dengan kreatif dan totalitas sebab kondisi psikologi anak masih belum menentu. Pembelajaran AUD lebih banyak dilakukan dengan bermain dan berimajinasi karena kecenderungan mereka suka bermain. Atas dasar itu peneliti melakukan penelitian menggunakan media patung 4 dimensi pada pembelajaran materi warna dan bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan patung 4 dimensi sebagai media pembelajaran dapat merangsang semangat ketahanan belajar dan kecerdasan anak. Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari kondisi peserta didik sebelum treatment menggunakan patung 4 dimensi diketahui bahwa hanya ada 1 peserta didik atau 3% yang memperoleh nilai dengan kategori baik. Sedangkan 97% lainnya mendapatkan nilai dengan kategori cukup dan kurang. Hal itu menunjukkan rendahnya semangat dan kecerdasan siswa dalam pembelajaran. Adapun setelah treatment hasil menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan yaitu 13 peserta didik atau 43% mendapatkan nilai dengan kategori baik dan 67%  lainnya masih dalam kategori cukup dan kurang. Dari hasil tersebut, dapat disimpulakn bahwa pembelajaran AUD dengan mengguanakan media patung 4 dimensi dapat menarik minat peserta didik dan meningkatkan ketahanan dalam belajar serta merangsang kecerdasan mereka.

Copyrights © 2018