JKJO
Vol. 3 No. 1 (2019): TERBITAN MEI 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR LARI CEPAT SISWA SEKOLAH DASAR

Halim Wadudu (SDN 1 Pringgacala)
Anang Setiawan (STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu)
Mochamad Zakky Mubarok (STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu)



Article Info

Publish Date
01 May 2019

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dalam pendidikan jasmani yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan yang ada dilapangan akan sangat membantu siswa dalam mendapatkan hasil belajar yang maksimal dan mempermudah cara kerja guru dalam manajemen pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar lari cepat pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode experimental dengan one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 5 SDN IV Jayalaksana sebanyak 24 orang yang sekaligus menjadi sampel penelitian dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian menggunakan tes lari dengan jarak 40 m. Pengujian hipotesis menggunakan t-test: paired two sample for means. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar lari cepat siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JKJO

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga adalah jurnal yang diterbitkan oleh PJKR STKIP NU Indramayu. Jurnal ini akan mempublikasi hasil penelitian tentang pendidikan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan isu penting yang berhubungan dengan pendidikan jasmani dan olahraga yang ...