Service Management Triangle : Jurnal Manajemen Jasa
Vol 4 No 1 (2022): Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa

STRATEGI PENGUATAN PEMASARAN BERBASIS DELTA MODEL PADA SMP ISLAM KARAWANG

Neni Sumarni (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Enjang Suherman (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Suroso (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Ade Mubarok (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguatkan strategi pemasaran SMP Islam Karawang dalam meningkatkan minat siswa. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisa data menggunakan Teknik Triangulasi yaitu Triangulasi Metode, Triangulasi Sumber data dan Triangulasi Teori. Serta analisa SWOT untuk mengetahui posisi SMP Islam Karawang. Data divalidasi dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini, posisi SMP Islam berada pada kuadran 1, strategi yang dapat diterapkan adalah pengembangan, dan produk yang dihasilkan adalah strategi pemasaran sekolah berbasis Delta Model untuk kepentingan peserta didik: a) Strategi Produk Terbaik: menyelenggarakan pendidikan holistik. melalui berbagai kegiatan/program sekolah yang unik dan relevan dengan kebutuhan nasabah, serta menerapkan sistem multi payment untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi keuangan; b) Strategi Total Customer Solutions: memaksimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan dan memfasilitasi sumber daya manusia yang berpartisipasi dalam kompetisi/kegiatan untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan memberikan apresiasi atas upaya/prestasi sumber daya manusia, dan c) Strategi Sistem Lock-In memberlakukan sistem kontrak dengan tenaga ahli/klien tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk mengunci pelanggan, menerapkan sistem jenjang karir bagi guru dan staf sekolah, dan memiliki kerjasama dan instruksi khusus yang berlaku untuk alumni, SMA favorit, universitas tertentu, dan Institusi pendidikan lainnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup penelitian pada: Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran Jasa Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Operasional Dengan artikel yang memiliki sitasi primer dan tidak pernah dipublikasikan secara online ...