JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 5, No 6 (2021): Desember

PENDAMPINGAN PERBAIKAN FASILITAS MUSHOLLA AL-AMIN UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN BERIBADAH

Amalia Amalia (Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta)
Muhammad Fathur Rouf Hasan (Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta)
Anis Rosyidah (Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta)
Denny Yatmadi (Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2021

Abstract

Abstrak: Musholla Al-Amin merupakan fasilitas warga yang difungsikan sebagai sarana beribadah serta sarana berkumpulnya warga untuk mengadakan kegiatan. Namun saat ini kondisi musholla Al-Amin mengalami kerusakan atap, toilet, dan tempat wudhu. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperbaiki sarana prasarana Musholla Al-Amin Kampung Sugutamu, Depok. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah pendampingan dalam melaksanakan perbaikan musholla. Peserta kegiatan meliputi 4 dosen, 2 mahasiswa dan 10 masyarakat sekitar. Hasil yang telah dicapai yaitu kondisi musholla dalam keadaan yang lebih baik dan nyaman untuk digunakan beribadah. Adapun berdasarkan hasil evaluasi tingkat kepuasan mitra pengabdian, sebanyak 78,52% responden memberikan jawaban sangat setuju dan 21.48% responden memberikan jawaban setuju. Selain itu kegiatan ini membantu pengelola menghemat pengeluaran kurang lebih sebesar 17 juta untuk pembelian material dan proses perbaikan. Berdasarkan tingkat kepuasan masyarakat kegiatan serupa dapat dilakukan untuk memperbaiki sarana prasarana pada fasilitas umum yang lain.Abstract: Al-Amin Mosque is a community facility that functions as a means of worship and a means of gathering residents to hold activities. However, at this time the condition of the Al-Amin Mosque is experiencing damage to the roof, toilets, and ablution area. The purpose of this activity is to improve the infrastructure of the Al-Amin Mosque in Sugutamu village, Depok. The method used in the implementation of this activity is assistance in repairing the mosque. The participants of the activity include 4 lecturers, 2 students and 10 local people. The result that has been achieved is that the mosque is in better condition and is comfortable to use for worship. The results of the evaluation of the satisfaction level of service partners, as many as 78.52% of respondents gave answers strongly agree and 21.48% respondents gave answers agree. In addition, this activity helps managers save approximately 17 million in expenses for purchasing materials and repair processes. Based on the level of community satisfaction, similar activities can be carried out to repair infrastructure in other public facilities. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...