Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga
Vol 21, No 2 (2022): June

Pengembangan modul guru materi variasi dan kombinasi gerak lokomotor non-lokomotor manipulatif untuk siswa autis

Rama Kurniawan (Universitas Negeri Malang)
Ikhsan Aji Pradana (Universitas Negeri Malang)
Febrita Paulina Heynoek (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
27 May 2022

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan dan menguji kelayakan modul guru untuk pembelajaran materi gerak variasi dan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif pada SMALB kelas XII. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 7 guru PJOK SLB dan uji coba kelompok besar berjumlah 14 guru PJOK SLB. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan uji coba kelompok kecil dengan tingkat kelayakan 80% sehingga layak digunakan dengan sedikit revisi, kemudian untuk uji coba kelompok besar dengan tingkat kelayakan 92% sehingga layak digunakan untuk pembelajaran. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan modul pembelajaran materi variasi dan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif kelas XII SMALB Autis berdasarkan uji coba kelompok besar dan kecil dapat dinyatakan bahwa modul guru pada materi variasi dan kombinasi gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif kelas XII SMALB autis sangat valid digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

multilateralpjkr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi artikel hasil penelitian dan kajian analisis kritis setara ...