Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 3 (2020): Oktober

Pengembangan Modul Hukum Mendel Dan Penyimpangan Semu Hukum Mendel Bersetting Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA

Dewa Nyoman Oka (IKIP SARASWATI)
Ida Bagus Putu Arnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)
Anak Agung Purwa Antara (IKIP SARASWATI)
I Gede Sudirgayasa (IKIP SARASWATI)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diikuti dengan eksperimen semu bertujuan untuk mengahasilkan modul hukum mendel dan penyimpangan semu hukum memdel yang memenuhi syarat validitas baik dari sisi isi maupun konstruknya dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Prosedur pengembangan menggunakan model spiral Cennamo dan Kalk yang meliputi lima fase yakni: (1) define; (2) design; (3) demonstrate; (4) develop; dan (5) deliver. Rancangan eksperimen menggunakan Posttest-Only Control Group Design dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) modul hukum mendel dan penyimpangan semu hukum memdel yang dikembangkan beserta perangkat pendukungnya memenuhi validitas baik dari sisi isi maupun konstruknya dengan Nilai content validity index Aiken” s (V) untuk modul, RPP, LKS, dan alat evaluasinya berturut-turut sebesar 0.894, 0.905, 0.908, dan 0.920 lebih besar dari nilai V tabel sebesar 0.79. (2) modul hukum mendel dan penyimpangan semu hukum mendel yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai uji T-tes pada eksperimen sebesar 24,175 dengan sig. 0.000 yang jauh lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditetapkan yaitu 0.05. Nilai rata-rata siswa pada kelompok control sebesar 62.402 dan nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen sebesar 82.033. Ini berarti bahwa siswa yang diajar menggunakan modul prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan modul

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...