EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 4 (2022): August Pages 5501-6400

Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin

Abdul Malik Made (Fakultas Teknik, Universitas Batam)
Ambiyar Ambiyar (Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Afif Rahman Riyanda (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Margaretha Karolina Sagala (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Novi Hendri Adi (Fakultas Teknik, Universitas Ibnu Sina, Batam)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada matakuliah mesin-mesin perkakas dan produksi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral merujuk pada Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah mahasiswa Semester VII Program Studi Teknik Mesin Universitas Batam 2019/2020 dengan polulasi sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode deskriftif komparatif dengan membandingkan hasil dari pra siklus sampai siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa meningkat sebesar 58,33% pada aspek kognitif, 66,7% pada aspek afektif serta 91,65% pada aspek psikomotorik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Peningkatan juga terjadi pada keaktifan mahasiswa selama proses pembelajaran dimana terjadi peningkatan sebesar 75,83% setelah penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Project Based Learning mampu membantu siswa dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada matakuliah mesin-mesin perkakas dan produksi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...