EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 3 (2022): June Pages 3201-5000

Penerapan Pembelajaran Blended Project Based Learning untuk Meningkatkan Problem Solving Skill Mahasiswa pada Mata Kuliah Ekologi Tanah

Nike Anggraini (Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Zainal Arifin (Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Susy Amizera (Universitas Sriwijaya, Indonesia)
Elvira Destiansari (Universitas Sriwijaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem-solving skill mahasiswa Pendidikan Biologi, FKIP Unsri pada mata kuliah Ekologi Tanah melalui penerapan pembelajaran Blended Project Based Learning (Blended-PjBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan  terjadi  peningkatan aspek  problem-solving skill  sebanyak 25 point. Dengan demikian,  dapat ditarik simpulan bahwa penerapan Blended-PjBL mampu meningkatkan  problem-solving skill  hingga level baik dan hasil belajar hingga level sangat baik pada matakuliah ekologi tanah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...