Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif)

Muhammad Nur (Universitas Negeri Makassar)
Yasriuddin Yasriuddin (Universitas Negeri Makassar)
Nor Azijah (STIQ Rakha Amuntai, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
05 May 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perilaku bullying di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku bullying di sekolah dan upaya pencegahan perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan metode literature. Hasil penelitian menyebutkan bahwa ada tiga jenis perilaku bullying di sekolah yaitu bullying fisik, bullying verbal dan bullying psikologis. Bullying fisik adalah bullying yang dapat dilihat, contoh bullying fisik yaitu memukul, mencubit, mendorong, menginjak kaki dan melempar dengan barang. Bullying verbal adalah bullying yang dapat didengar, contoh bullying verbal yaitu mengancam, memberikan julukan, mengejek, menyebarkan gosip dan menyoraki. Bullying psikologis adalah bullying yang tidak bisa dilihat dan didengar (berhubungan dengan mental), contoh bullying psikologis yaitu memandang sinis, mendiamkan, memelototi dan mengucilkan. Adapaun upaya pencegahan bullying, yaitu peran serta orang tua, penyuluhan, pembuatan poster anti bullying, pemutaran film anti bullying, peran serta guru bimbingan dan konseling, pengembangan modulĀ  bimbingan dan konseling, pengembangan media video bimbingan dan konseling dan peran serta guru mata pelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...