Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Penggunaan Metode Mendongeng Dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini

Petrus Jacob Pattiasina (Universitas Pattimura)
Endang Fatmawati (Universitas Diponegoro, Semarang)
Misna Wulandari (STIQ RAKHA Amuntai, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Mendongeng adalah metode paling universal yang memiliki efek mendalam pada pikiran anak. Selain itu, mendongeng lebih berkesan dari pada memberikan nasehat langsung. Sehingga mendongeng merupakan cara yang efektif untuk menumbuhkan minat baca anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan studi pustaka. Dalam penelitian terhadap literatur ini, peneliti menggunakan berbagai sumber seperti artikel jurnal, buku, dan penelitian terkait dokumen dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memberikan penjelasan bahwa penggunaan metode mendongeng dapat meningkatkan komunikasi, minat membaca, dan meningkatkan kepercayaan diri dari anak. Kegiatan mendongeng juga membuat anak memiliki fantasi dan imajinasi yang baik untuk bisa membuat karya-karya baru. Kegiatan mendongeng juga berimplikasi positif dalam mengembangkan kemampuan anak dalam mengembangkan salah satu kecerdasan anak abad 21 yaitu kemampuan anak untuk bisa berkomunikasi/mengomunikasikan berbagai hal yang menurut anak patut untuk disampaikan. Penelitian ini berkontribusi terhadap berbagai metode pembelajaran yang bisa membangun kecerdasan/karakter menjadi lebih baik dan berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...