DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 1 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Project Based Learning Pada Matakuliah Metodologi Penelitian di Era Pandemi Covid-19

Lina Arifah Fitriyah (University of Hasyim Asy'
ari)

Nur Hayati (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)

Nindha Ayu Berlianti (Universitas Hasyim Asy'
ari Tebuireng Jombang)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model project based learning (PjBL) dalam perkuliahan metodologi penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan rancangan one grup pretest postest. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian menyatakan ada perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model project based learning (PjBL) berdasarkan rata-rata hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dari nilai pretest hingga posttest dan nilai t hitung lebih besar nilai t tabel. Dengan demikian, pembelajaran PjBL dapat direkomendasikan untuk dapat diimplementasikan pada perkuliahan lainnya karena pembelajaran ini dapat mendidik dan memotivasi terhadap tugas akademik untuk bisa care, self-efficacy, dan responsibility.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...