Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X Jurusan Otomotif SMK pada Materi Matriks.

Indira Santi (Universitas Riau)
Nahor Murani Hutapea (Universitas Riau)
Atma Murni (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan acuan kurikulum 2013 seperti penyesuaian tahapan model pembelajaran yang digunakan dengan kegiatan belajar. LKPD yang masih jarang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan permasalahan kontekstual seperti masalah otomotif pada peserta didik SMK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran (silabus, RPP dan LKPD) pada materi matriks SMK kelas X dengan menggunakan model PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah kriteria valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, desseminate) yang dirancang oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan LKPD). Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL sudah valid. Hasil validasi silabus 98%, RPP 97%, LKPD 94% dengan kategori sangat valid. Artinya perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat diujicobakan. Perangkat pembelajaran praktis dalam uji coba kelompok kecil dengan rata-rata respon siswa 80% dalam kategori praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...