Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 1 (2022)

Pemberdayaan Literasi Sains melalui kegiatan Story Telling bagi Masyarakat Pedalaman

Fathul Zannah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Jalan RTA Milono Km 1,5 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia, 73111.)
Arna Purtina (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Jalan RTA Milono Km 1,5 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia, 73111.)
Ahmad Syarif (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Jalan RTA Milono Km 1,5 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia, 73111.)
Ade Shalahuddin Permadi (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Jalan RTA Milono Km 1,5 Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Indonesia, 73111.)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Background: Taman Baca Baraoi merupakan sebuah taman baca yang ada di daerah pedalaman Kalimantan Tengah, Desa Tumbang Baraoi, kecamatan petak malai, Kabupaten katingan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemberdayaan literasi sains ke masyarakat usia sekolah dasar di Desa Tumbang Baraoi tersebut. Metode: Kegiatan story telling menggunakan buku mengenai sains. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta kegiatan tertarik dengan kegiatan yang dilaksanakan. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil observasi terhadap motivasi belajar sains yang mengalami peningkatan. Sebelum kegiatan, motivasi instrinsik peserta sebesar 2,7 meningkat menjadi 4,6 setelah kegiatan, diiringi dengan self efficacy dari 3,2 meningkat menjadi 4,5, self determination meningkat dari 2,9 menjadi 4,5 dan motivasi kelas meningkat dari 2,7 menjadi 4,5. Berdasarkan data literasi sains juga mengalami peningkatan setelah kegiatan yaitu 32,8 meningkat menjadi 73,7. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan memebrikan dampak yang positif kepada peserta kegiatan. Kesimpulan: Kegiatan serupa seperti ini perlu untuk terus dilakukan karena tentunya masyarakat di Desa Tumbang Baraoi tersebut memiliki akses Pendidikan yang sangat minim.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...